Rabu, 20 Juli 2022 – MPLS di SDIT Al Ummah telah berlangsung selama tiga hari. Namun pada hari ini terasa lebih menarik daripada sebelumnya. Hari ini peserta MPLS diajak untuk bermain sambil belajar di luar ruangan. Materi yang disampaikan juga sangat menarik karena dikemas dalam bentuk sulap sehingga anak-anak pun dengan semangat mengikuti materi yang diajarkan ustadzah hari ini.

Tema materi hari ini adalah pembuktian bahwa tekanan udara itu ada di sekitar kita. Sebelumnya mari kita bahas, apa itu tekanan udara? Tekanan udara adalah tekanan yang ada pada suatu lokasi yang disebabkan oleh berat dari udara yang ditarik oleh gravitasi ke permukaan bumi. Artinya, semakin banyak udara yang ada di suatu wilayah, maka semakin tinggi pula tekanan atmosfer.

Tentu saja, terdapat lebih banyak udara di daerah dataran rendah dibandingkan daerah dataran tinggi. Oleh karena itu, daerah dataran rendah memiliki tekanan udara yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah dataran tinggi.

Kemudian pengertian tekanan udara tersebut dikemas dalam bentuk yang lebih sederhana dan disampaikan kepada anak-anak dengan tujuan anak-anak dapat mengerti konsep tekanan udara.

Setelah penjelasan konsep tekanan udara telah disampaikan, anak-anak pun diajak untuk keluar ruangan dengan tujuan praktik langsung mengenai pembuktian adanya tekanan udara.

Untuk gambarannya, tekanan udara akan menekan suatu objek baik dari atas, kanan, maupun kiri akan tetapi tekanan tersebut saling meniadakan atau berlawanan sehingga tekanan tersebut menjadi netral yang menyebabkan suatu benda yang terkena tekanan udara seperti tidak mengalami apapun.

Untuk praktik kali ini, ustadzah telah menyiapkan sebuah botol plastik dan sebuah paku. Kemudian botol plastik tersebut diisi dengan air hingga penuh kemudian ditutup dan setelah itu ditusuk menggunakan paku. Setelah paku dicabut, air tidak akan menyembur lewat lubang bekas paku tersebut, hal itu dikarenakan tekanan udara pada sisi botol saling meniadakan sehingga air tidak mendapat tekanan dan akan tetap ada di dalam botol.

Kemudian jika kita tambahkan sedikit tekanan pada sisi botol, air akan mengalir keluar dikarenakan ada perbedaan tekanan yang terjadi pada botol. Dan jika tekanan yang kita berikan kemudian kita lepaskan, maka air akan berhenti keluar seperti keadaan sebelum kita memberikan tekanan kepada botol.

kemudian jika kita membuka tutup botol, maka air pun akan mengalir kembali dikarenakan adanya tekanan udara dari atas menuju ke bawah botol, sehingga menyebabkan perbedaan tekanan lagi yang membuat air mengalir keluar botol melalui bekas lubang paku sebelumnya.

Kemudian konsep ini dikemas dengan bahasa yang lebih sederhana dan disampaikan kepada anak-anak disertai praktik yang juga dikemas dalam bentuk yang menarik.

Bersama Yayasan Nurus Salam Al Ummah

Islami, Cerdas, Respek!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *